RPS (2)

E. RENCANA BIAYA UNTUK JANGKA 4 TAHUN

1.      Peningkatan dan pengembangan kurikulum                                180 Juta         

2.      Peningkatan dan pengembangan tenaga kependidikan                 450 Juta

3.      Peningkatan standar proses                                                       220 Juta         

4.      Peningkatan pengembangan fasilitas pendidikan                         925 Juta

5.      Peningkatan Standar kelulusan                                                  350 Juta

6.      Mutu kelembagaan dan manajemen                                           180 Juta

7.      Peningkatan Standar pembiayaan pendidikan                             260 Juta

8.      Peningkatan Pengembangan standar penilaian                            170 Juta

Jumlah           2.735.000.000

 

 


F. RENCANA MONITORING DAN EVALUASI

        Pelaksanaan monitoring dan evaluasi setiap program akan dilaksanakan secara berkala sebagai berikut:

1.      Setiap minggu diadakan rapat konsultasi program : Senin Pukul 14.00 s/d selesai

2.      Setiap 3 bulan diadakan rapat evaluasi/monitoring/bersama komite sekolah

3.      Setiap semester rapat akhir program semester/komite sekolah

4.      Setiap akhir tahun rapat  tahunan bersama komite sekolah

         Laporan  tahunan sekolah

         Laporan akhir program

         Laporan kepada wali murid

         Lokakarya guru menyambut  tahun ajaran baru

5.      Setiap akhir bulan dilaksanakan evaluasi dari monitoring/evaluasi program yang sedang berjalan oleh setiap pimpinan.

        Monitoring dan evaluasi oleh Dinas Pendidikan TK I dan II sesuai kebijakan atasan, sekolah siap dipantau sepanjang tahun ajaran.

                     Monitoring dan evaluasi oleh Dinas Propinsi. setiap semester

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. RENCANA OPERASIONAL (RENOP) TAHUN 2007/2008

1.      Tujuan Situasional/Sasaran 2007/2008

a.       Peningkatan /pengembangan isi kurikulum meliputi

1)      Pembuatan perangkat mengajar

2)      Pembuatan program tahunan/semester

3)      Penjabaran silabus kelas

4)      Pengembangan desain pembelajaran

5)      Pengembangan sistem penilaian

 

b.      Pemberdayaan tenaga kependidikan meliputi

1)      Melaksanakan MGMP setiap bidang studi di sekolah

2)      Peningkatan kompentensi pegawai

3)      Pelaksanaan supervisi staf pengawai

4)      Mengirim guru mengikuti pelatihan di Kabupaten/Provinsi

 

c.       Pelaksanaan kegiatan pembelajaran  dengan menggunakan berbagai pendekatan

1)      Mendatangkan narasumber pendekatan dan strategi pembelajaran

2)       Pengembangan bahan, sumber pembelajaran

3)      Melaksanakan analisis ketuntasan belajar

4)      Pengaktifan MGMP tingkat sekolah

 

d.      Peningkatan dan pengembangan fasilitas pendidikan

1)      Menambah media pembelajaran

2)      Memperbaiki dan menambah prasarana pendidikan

3)      Menjadikan lingkungan belajar yang kondusif

4)      Pengembangan income generating activitas

 

e.       Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan  bimbingan secara efektif serta mengaktifikan kegiatan ekstra kurikuler

1)      Peningkatan standar ketuntasan belajar

2)      Menguatkan bimbingan individual/kelompok

3)      Mengadakan lomba-lomba mata pelajaran

4)      Menguatkan kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga / kesenian /Pramuka / Budaya Tradisional .

 

f.        Pengelolaan Manajemen Sekolah  secara tertib

1)      Melengkapi  Adminisrasi Sekolah

2)      Implementasi MBS

3)      Melaksanakan Supervisi klinis

4)      Melaksanakan monitoring/evaluasi  tentang kinerja sekolah

5)      Pengembangan sekolah menuju SPM

6)      Penggalangan  partisipasi masyarakat dan stake holder

7)      Menggunakan teknologi imfomasi

8)      Menjalin  jaringan kerja secara vertikal  dan horizontal

 

g.       Melakukan Efisiensi anggaran pendidikan

1)      Mensosialisasikan program kerja sekolah ke masyarakat dan stake  holders .

2)      Penggalangan dana dari berbagai sumber

3)      Penciptaan unit usaha produktif

4)      Pendayagunaan potensi sekolah dan lingkungan

5)      Melaksanakan subsidi silang

 

h.       Pengembangan standar penilaian

1)      Pengembangan perangkat-perangkat penilaian

2)      Pengembangan  model  evaluasi dengan mendatangkan nara sumber dari Dinas Pendidikan, LPMP atau UNP, dan Pusat

3)      Memperbanyak bank soal

4)      Pengembangan pedoman evaluasi

5)      Melaksanakan try out

6)      Melaksanakan remedial, pengayaan /akselerasi di sekolah

III. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI

SASARAN

1.      Peningkatan/pengembangan kurikulum

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Guru                                                     1. Sarana

2.      Kepala Sekolah                                    2. Dana

3.      Nara Sumber                                        3. Komite Sekolah

4.      ATK                                                    4. Pengawas pendidikan

5.      Fasilitas                                                5. Waktu

6.      Tenaga Administrasi                              6. Nara Sumber

 

2.      Pendayagunaan  Tenaga Pendidikan

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Kualifikasi                                            1. Sarana

2.      Pendidikan                                           2. Dana

3.      Pengalaman                                          3. Komite

4.      Beban                                                  4. Lingkungan

 

3.      Pelaksanaan kegiatan pembelajaran  dengan menggunakan berbagai pendekatan

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Sarana                                                  1. Sarana

2.      Guru                                                     2. Dana

3.      Kepala Sekolah                                    3. Komite

4.      Motivasi belajar siswa                           4. Pengawas Pendidikan

5.      Buku penunjang                                    5. Nara Sumber

6.      Keragaman metode                              6. Keragaman media

4.      Pelaksanaan Pengembangan fasilitas pendidikan

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Tempat                                     1. Dana           

2.      Kualitas                                                2. Komite

5.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan bimbingan secara efektif serta mengaktifkan kegiatan ektra  kurikuler.

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Siswa                                                   1. Sarana

2.      Guru                                                     2. Dana

3.      Pelatih                                                  3. Waktu

4.      Beban                                                  4. Latihan

5.      Tempat                                     5. Orang tua

6.      Donatur

 

7.      Melaksanakan pengelolaan manajemen sekolah secara tertib

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Guru                                                     1. Sarana

2.      Pegawai                                               2. Dana

3.      Kekeluargaan                                       3. Komite

 

8.      Efisiensi anggaran pendidikan dengan menyusun rencana induk

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Siswa                                                   1. Sarana

2.      Guru                                                     2. Dana

3.      Kepala Sekolah                                    3.  Komite

9.      Melaksanakan kegiatan pengembangan standar penilaian

Faktor  Internal                                           Faktor External

1.      Siswa                                                   1. Sarana

2.      Guru                                                     2. Dana

3.      Bahan                                                   3. Waktu

4.      Nara sumber                                        4. Uji Coba

5.      Keragaman Penilaian


ANALISIS SWOT PROGRAM  I

PENGEMBANGAN ISI KURIKULUM

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kriteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

1

2

3

4

5

6

A.

Fungsi PBM

1.      Faktor  Internal

a.       Guru

 

 

 

 

 

b.      Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

c.       Nara Sumber

 

 

d.      ATK

 

 

e.       Tenaga Administrasi

 

 

f.        Fasilitas

 

 

II. Faktor Ekternal

a.       Sarana/Prasarana

 

 

b.      Dana

 

 

 

c.       Komite Sekolah

 

 

 

Guru melaksanakan PBM secara penuh sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dan mampu mencapai target kurikulum 100%.

 

 

Supervisi PBM berjalan sebagaimana mestinya dan menjadi kegiatan yang kontiniu dan dibutuhkan serta berdampak positif bagi peningkatan kuantitas dan kualitas PBM

 

Untuk materi tertentu dapat dihadirkan dalam pembelajaran nyata di kelas

 

Kebutuhan ATK senantiasa tersedia dan diberdayakan secara penuh dalam PBM

 

Senantiasa siap sebagai tenaga yang menyediakan semua kebutuhan administrasi

 

Semua yang dibutuhkan untuk kelancaran PBM senantiasa tersedia dan memadai

 

 

Sarana dan prasarana pembelajaran tersedia cukup untuk PBM

 

Alokasi dana PBM dianggarkan secara penuh sesuai dengan program yang disusun

 

Berperan aktif dalam menjamin keterlaksanaan dan mengatasi berbagai permasalahan

 

 

 

Guru belum sepenuhnya melaksanakan PBM dibuktikan dengan rata-rata ketercapaia target kurikulum per semeseter 80%.

 

 

Supervisi berjalan pada waktu tertentu dan masih adanya pandangan negatif sebagian guru akan makna supervisi

 

 

 

Narasumber belum dihadirkan untuk materi tertentu/materi esensial

 

ATK belum terakomodasi secara penuh untuk kebutuhan PBM

 

Tenaga administrasi belum memadai sehingga berbagai hal esensial tidak dapat disiapkan pada saat diperlukan.

 

Fasilitas penunjang PBM belum memadai

 

 

 

Sarana dan prasaran pembelajaran belum memadai

 

Penganggaran dana untuk PBM relatif kecil karena alokasi dana secara umum kurang memadai

 

Komite senantiasa berperan aktif, terutama dalam memberikan berbagai pemikiran untuk mengatasi berbagai permasalahan PBM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     X

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

X

 


ANALISIS SWOT PROGRAM II

PEMBERDAYAAN  TENAGA KEPENDIDIKAN

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kriteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

1

2

3

4

5

6

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

Faktor Internal

a.       Kualifikasi guru

 

 

 

 

 

b.       Beban mengajar guru

 

 

 

c.       Pengalaman mengajar guru

 

 

 

d.      Kedisiplinan guru

 

 

Faktor eksternal

a.       Sarana

 

 

 

b.       Dana

 

 

 

 

c.       Komite

 

 

 

d.      Lingkungan sekolah

 

 

Semua guru telah mengikuti berbagai pelatihan dan berkualifikasi S.1

 

 

 

 

Beban mengajar guru tidak terlalu berat dengan adanya berbagai persiapan dan sarana pendukung yang telah diadakan sebelumnya.

 

Terjadinya berbagai pengalaman mengajar guru yang bervariasi dan berhasil guna dalam meningkatkan kualitas PBM

 

 

Kehadiran guru dalam melaksanakan tugas pokok dan tugas tambahan minimal 95% dan berdedikasi penuh pada tugasnya

 

Tersedianya berbagai sarana perpustakaan dan elektronik bagi pengembangan pengetahuan dan keterampilan guru

 

Tersedianya alokasi dana yang memadai untuk peningkatan kualifikasi guru dan keterampilan guru melalui berbagai diklat dan program penyetaraan

 

Adanya pelatihan khusus bagi anggota komite sekolah dalam meningkatkan fungsi dan peranannya.

 

Terciptanya lingkungan sekolah yang nyaman dan aman dalam pengembangan dan pemberdayaan tenaga kependidikan

 

Dari 18 orang guru, 3 orang guru masih berkualifikasi Diploma. Selain itu,  hanya sebagian kecil guru yang mendapat kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan (MGMP)

 

Beban mengajar guru amat berat, terkait masalah administrasi PBM dan penyediaan media pembelajaran secara mandiri.

 

Pengalaman mengajar kurang variatif

 

 

 

 

Kehadiran dan dedikasi guru relatif kurang, rata-rara 80%

 

 

Buku penunjang untuk guru belum memadai. Begitu juga halnya dengan media elektronik yang menunjang PBM.

 

Pendanaan untuk peningkatan kualifikasi dan keterampilan guru relatif terbatas.

 

 

 

Anggota komite belum mendapat pelatihan khusus di bidang pengelolaan pendidikan

 

Lingkungan sekolah belum menunjang untuk pengembangan tenaga kependidikan.

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 


ANALISIS SWOT PROGRAM III

PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kriteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

1

2

3

4

5

6

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Faktor  internal

a.       Guru

 

 

 

b.      Kepala Sekolah

 

 

 

c.       Nara Sumber

 

 

d. Siswa

 

 

Faktor Eksternal

a.         Dana

 

 

 

b.         Buku  Sumber

 

 

c.         Komite Sekolah

 

d.         Pemerintah

 

 

 

 

– Metode mangajar bervariasi

-Kemampuan guru memberdayakan siswa 85%-100%

 

-Kepala Sekolah mampu melakukan supervisi klinis

 

 

Tersedia nara sumber yang berasal dari unsur sekolah

 

90% – 100% siswa siap menerima pelajaran

 

 

 

Dana untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersedia dan cukup

 

 

Tersedia jumlah buku tiap bidang studi dengan rasio 1:1

 

Komite mendukung kegiatan pembelajaran secara moril dan materil

 

Pemerintah menyediakan dana dan sarana untuk kegiatan pembelajaran sepenuhnya

 

– Metode mangajar kurang bervariasi

-Kemampuan guru memberdayakan siswa 60%

 

Kepala Sekolah belum mampu melakukan supervisi klinis untuk semua mata pelajaran

 

Tidak tersedia nara sumber yang berasal dari unsur sekolah

 

95% siswa siap menerima pelajaran

 

 

 

Dana untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersedia tetapi kurang

 

 

Jumlah buku yang tersedia 1: 20

 

 

Komite mendukung kegiatan pembelajaran secara moril dan materil

 

Pemerintah belum sepenuhnya menyediakan dana dan sarana untuk kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

X

X

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 


ANALISIS SWOT PROGRAM IV

PENGEMBANGAN FASILITAS PENDIDIKAN

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kriteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

1

2

3

4

5

6

1.

Fungsi PBM

A.     Faktor  Internal

  1. Guru

 

 

 

  1. Sarana/Prasarana

a.       Kondisi  ruang guru

 

 

b.      Kondisi kerja  guru

 

c.       Kondisi ruang osis

 

 

 

 

d.      Kondisi ruang belajar

 

 

e.       Kondisi labor bahasa

 

f.        Kondisi labor komputer

 

g.       Taman sekolah

 

 

B.     Faktor Eksternal

a.       Dukungan orang tua

 

 

b.      Dana pengadaan komputer

 

c.       Dukungan masyarakat

 

 

 

 

d.       Bantuan tenaga masyarakat

 

 

e.   Koperasi siswa

 

 

Sebanyak 90% guru mampu memanfaatkan dan mengembangkan fasilitas yang ada untuk penunjang PBM.

 

 

Tersedianya ruang guru yang permanen dilengkapi media pembelajaran dan memberikan kenyamanan kerja.

 

Minimal 90% guru bekerja secara antusias dan penuh dedikasi pada tugasnya.

 

Tersedianya ruang Osis tersendiri untuk melatih dan membiasakan siswa berorganisasi di sekolah.

 

 

 

Terciptanya ruang belajar yang dilengkapi dengan media dan sarana lainnya serta memberikan suasana nyaman.

 

Tersedianya labor bahasa untuk pembelajaran Bahasa Inggris

 

Tersedianya labor komputer yang permanen untuk siswa dan guru dalam mempelajari komputer

 

Terciptanya taman sekolah yang berfungsi sebagai tempat bermain dan belajar siswa serta memberikan kenyamanan

 

 

Adanya dukungan aktif dari orang tua/ wali siswa minimal 90%

 

Tersedianya anggaran pengadaaan komputer minimal untuk 10 unit komputer

 

Masyarakat sekitar mendukung semua program secara penuh.

 

 

 

 

Adanya kerjasama dengan masyarakat dalam pengadaan tenaga penunjang proses belajar mengajar

 

Terbentuknya koperasi siswa sebagai sarana pembelajaran ekonomi dan kegiatan Osis.

 

 

Sebanyak 95% guru telah mampu memanfaatkan dan mengembangkan fasilitas yang ada.

 

 

Hanya ada satu ruang guru dan belum dilengkapi dengan media yang memadai serta belum memberikan kenyamanan.

 

Dedikasi guru pada tugasnya 90%

 

 

Belum ada ruang Osis tersendiri

 

 

 

 

 

Ruang belajar belum dilengkapi media dan belum memberikan suasana nyaman

 

 

Belum ada labor bahasa.

 

 

Labor komputer belum ada.

 

 

 

Sebagian halaman sekolah  telah ada tamannya, tetapi tidak  permanen sehingga kurang memberi kenyamanan

 

 

Dukumham orang tua/ wali siswa 100%

 

 

Belum ada anggaran khusus untuk pengadaan komputer bagi siswa

 

Dukungan masyarakat sekitar 100%

 

 

 

 

 

Kerjasama dengan masyarakat dalam pemberian bantuan tenaga masih terbatas

 

 

Koperasi siswa belum terbentuk

 

 

 

 

     X

 

 

 

 

 

 

 

 

     X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      X

 

 

 

 

      X

 

 

 

 

 

     X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 


ANALISIS SWOT PROGRAM V

PENINGKATAN STANDAR KELULUSAN

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kriteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

 

1

2

3

4

5

6

 

1.

Internal

a.       Bahan ajar

 

 

b.      Pengembangan modul guru

 

 

c.       Try out

 

 

d.      Buku referensi

 

 

e.       Evaluasi bulanan

 

 

f.        Lingkungan sekolah

 

 

 

g.       Kegiatan MGMP guru sejenis

 

 

Eksternal

a.       Loka karya guru

 

 

b.      Metode mengajar

 

 

 

c.       Labor bahasa

 

 

d.      Koperasi sekolah

 

 

e.       Labor komputer

 

f.        Labor fisika/biologi

 

g.       Remidial untuk kelas X ,XI, XII

 

 

Tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan standar kelulusan

 

Setiap guru mampu mengem-bangkan modul sendiri

 

Terlaksananya try out minimal 3 kali dalam satu semester

 

Tersedianya buku referensi siswa dan guru secara memadai

 

Terlaksananya evaluasi bulanan serta pengadministrasiannya

 

Terciptanya lingkungan sekolah yang bernuansa K6

 

 

Terlaksananya MGMP tingkat sekolah secara kontiniu

 

 

Lokakarya guru terlaksana setiap awal semester

 

Metode mengajar guru variatif dan bernuansa KBK dan pendekatan Quantum

 

Tersedianya labor bahasa untuk pembelajaran Bahasa Inggris

 

Adanya koperasi siswa untuk praktik pembelajaran dan melatih berorganisasi

Tersedianya labor komputer yang permanen untuk

Tersedianya labor fisika dan biologi untuk praktikum

Remidial berjalan sesuai program

 

Bahan ajar belum tersedia sebagaimana mestinya

 

Guru belum mampu menyusun modul sendiri

 

Try out berjalan menjelang UAS/ UNAS

 

Buku referensi siswa dan guru belum memadai

 

Evaluasi bulanan dan administrasinya kurang berjalan dengan baik

 

Lingkungan sekolah belum sepenuhnya bernuansa K6

 

 

MGMP berjalan sekali setahun dalam  jumlah pertemuan tertentu

 

 

 Lokakarya berjalan setiap awal semester

 

Sebagian besar guru menerapkan metode mengajar bernuansa KBK

 

 

Belum ada labor bahasa.

 

 

Belum ada koperasi siswa

 

 

Belum ada labor komputer

 

Belum ada labor fisika dan biologi

 

Remedial berjalan sesuai program

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     X

 

 

 

     X

 

 

     X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     X

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

 

X

 

 

X

 

 

 


ANALISIS SWOT PROGRAM VI

PENINGKATAN MUTU KELEMBAGAAN DAN MANAGEMEN

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kriteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

1

2

3

4

5

6

1.

Kelembagaan

1.      Internal

a.   Tenaga Adm

 

b.   SDM Pegawai

c.   Tenaga guru

 

d.   Jumlah Komputer di TU

e.   Kondisi kantor

 

f.     Fisik perpustakaan

 

g.   Pelaksanaan monitoring/evaluasi

h.   Supervisi klinis

 

2.      Ekternal

a.       Partisipasi masyarakat

b.      Jaringan internet

c.       Jaringan kerja dengan arsip nasiona

d.      Pendataan dengan komputerisasi

e.       Pengembangan dengan standar Administrasi

 

 

 

Adanya tenaga administrasi yang cakap dan terampil dalam komputer dan adminstrasi

Adanya pegawai TU yang mampu menja-lankan tugas di bidangnya masing-masing

Semua guru memahami fungsi dan tugasnya

 

Minimal ada 4 unit komputer di TU

 

 

Terciptanya ruang kantor yang nyaman dan aman

 

Terciptanya ruang perpustakaan yang nyaman dan aman

 

Terlaksananya monitoring dan evaluasi sesuai dengan program

 

Terlaksananya supervisi klinis sesuai dengan program

 

 

Masyarakat berpartisipasi secara penuh.

 

Terciptanya jaringan internet untuk kepentingan pembelajaran

Terjalinnya jaringan kerja dengan arsip nasional

 

Semua bentuk administrasi dilakukan secara komputerisasi

 

Semuan bentuk administrasi dikembangkan secara standar administrasi

 

 

 

Tenaga administrasi sudah cakap dalam admninistrasi

Pegawai TU belum ada yang permanen

 

Semua guru telah memahami fungsi dan tugasnya masing-masing

Sudah ada 4 unit komputer

 

 

Ruang kantor belum memberikan kenyamanan dan rasa aman.

 

Ruang perpustakaan belum menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

 

Monitoring dan evaluasi terkadang kurang berjalan dengan baik.

 

Supervisi klinis kurang berjalan dengan baik

 

 

 

Partisipasi masyarakat 100%

 

Belum terbentuknya jaringan internet

 

Belum terjalin jaringan kerja dengan arsip nasional

 

Sebagian besar administrasi sekolah dengan komputerisasi

 

Sebagian besar administrasi dikembangkan dengan standar administrasi

 

 

X

 

 

 

X

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

 

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


ANALISIS SWOT PROGRAM VII

PENGEMBANGAN STANDAR PEMBIAYAAN

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kriteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

1

2

3

4

5

6

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

Faktor  Internal

         Dukungan orang tua

 

         Bantuan alumni

 

 

         Usaha koperasi sekolah

         Subsidi silang pendanaan

 

         Bantuan dana dari  dunia usaha

 

Faktor Eksternal

a.       Bantuan Pemda

 

b.      Bantuan Pusat

 

c.       Hasil praktek anak-anak (siswa)

d.      Radio sekolah difungsikan (maksimal)

e.       Kantin sekolah

 

f.        Komite sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


ANALISIS SWOT PROGRAM VIII

PENGEMBANGAN STANDAR PENILAIAN

 

No

Komponen Fungsi dan Faktor

Kreteria Kesiapan/Kondisi ideal

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Faktor

Siap

Tidak Siap

1

2

3

4

5

6

1.

Fungsi PBM

Internal

a.       Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ekternal

a.       MGMP guru

 

 

b.      Nara sumber

 

 

c.       Dana

 

d.      Lingkungan sekolah

 

 

e.       Disiplin  guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN  PERSOALAN

I. PENINGKATAN  PENGEMBANGAN ISI KURIKULUM

 

NO

SASARAN I

PERSOALAN

ALTERNATIF PEMECAHAN PERSOALAN

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

Guru

 

 

 

 

 

 

Tenaga Administrasi

 

         Pengalaman Work Shop  KBK kurang

 

 

         Kompetensi Guru  yang ikut PTBK masih kurang

         Ada dua orang yang belum bias komputer

 

 

         Guru melakukan  KKG  yang dilaksanakan di sekolah

         Diberi kesempatan mengikuti PTBK jika ada

         Disuruh  Les Komputer dengan bantuan sekolah

 

 

 

 

 

NO

SASARAN I

PERSOALAN

ALTERNATIF PEMECAHAN PERSOALAN

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

3.

 

 

4.

 

 

5.

6.

Guru

 

 

Tenaga Administrasi

 

ATK

 

 

Tenaga Administrasi

 

Pelaporan dan dokumentasi

 

Sarana/Prasarana

 

          

ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN  PERSOALAN

II. PENINGKATAN  TENAGA KEPENDIDIKAN

 

NO

SASARAN II

PERSOALAN

ALTERNATIF PEMECAHAN PERSOALAN

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

Guru

 

 

 

 

 

 

 

Ruangan Sekolah

 

 

 

 

ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN  PERSOALAN

III. PENINGKATAN  KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO

SASARAN III

PERSOALAN

ALTERNATIF PEMECAHAN PERSOALAN

1.

 

 

 

Guru

 

 

Kepala Sekolah

 

 

Nara Sumber

 

Dana

 

Buku Sumber

 

Pemerintah

 

 

Metode mengajar guru kurang bervariasi

 

 

Kepala sekolah belum mampu melaksanakan supervisi klinis untuk semua mata pelajaran

 

Tidak tersedia nara sumber yang berasal dari unsur sekolah

 

Dana untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersedia tetapi kurang

 

Jumlah buku sumber yang tersedia 1: 20

 

Pemerintah belum sepenuhnya menyediakan dana dan sarana untuk kegiatan pembelajaran

Membentuk wadah MGMP dengan beberapa SMP terdekat

Melaksanakan supervisi klinis

Mendelegasikan sebagian tugas supervisi kelas kepada wakil kepala sekolah dan guru senior

 

Mendatangkan narasumber dari Dinas Pendidikan

 

Mengajukan proposal bantuan kepada Dinas terkait

 

Mengajukan permintaan buku sumber ke Dinas terkait

Mengajukan proposal bantuan pengadaan sarana pendidikan

2 thoughts on “RPS (2)”

  1. buat guru 2 aku di sma 1 panti,makasih buat semua ilmu yang sudah diberikan……
    kita semua kangen ma seluruh warga s ma 1 panti……..

  2. kepada adik adik SMU ! Panti, Jangan suka begadang Diwarnet dengan alasan nyari tugas!,
    ternyata yang lain di download, semacam Video gito?
    Bravo terus buat SMA N1 Panti.
    NB
    Kalo pun harus download Video yang itu….tu, File nya jangan disimpan disembarang tempat.
    Kasian tampang tak berdosa…..
    He…He….He….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s