KTSP

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan yang bermutu saat ini merupakan isu yang mendominasi persoalan pendidikkan kita. Semua pihak menginginkan outcome pendidikan betul-betul dapat berkontribusi positif terhadap kesejahteraan bangsa. Semua menaruh harapan sangat besar terhadap dunia pendidikan. Untuk memenuhi harapan tersebut maka perbaikan sistem kurikulum harus segera dilakukan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hal ini sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada delapan standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, serta tujuan pendidikan sekolah, SMA Negeri 1 Panti sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri 1 Panti.

Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Dalam pengembangan KTSP ini seluruh warga sekolah terlibat dengan berkoordinasi kepada stockholders di lingkungan sekitar sekolah.

Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMA Negeri 1 Panti, yang secara keseluruhan mencakup : 1). struktur dan muatan kurikulum; 2). beban belajar peserta didik; 3). kalender pendidikan; 4). silabus, dan; 5). rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

B. VISI dan MISI

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Panti memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:

VISI SMA NEGERI 1 PANTI

Mewujudkan siswa Berprestasi yang Berwawasan Kebangsaan dilandasi Iman dan Taqwa

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masayarakat.

Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:

MISI SMA NEGERI 1 PANTI

Menuju sekolah berstandar internasional pada tahun 2012 melalui :

1. Pemenuhan standar isi

2. Pemenuhan standar standar kelulusan

3. Pemenuhan standar proses

4. Pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan

5. Pemenuhan standar sarana dan prasarana

6. Pemenuhan standar pengelolaan

7. Pemenuhan standar pembiayaan

8. Pemenuhan standar penilaian

C. Tujuan Sekolah

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

D. Standar Kompetensi Lulusan

Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini.

1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja

2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya

3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya

4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial

5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global

6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif

7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik

10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks

11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial

12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab

13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

15. Mengapresiasi karya seni dan budaya

16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok

17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan

18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun

19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain

21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis

22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris

23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi

E. Sasaran Program:

Kepala Sekolah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

Sasaran Program Sekolah

SASARAN PROGRAM 1 TAHUN

( 2007 / 2008 )
(Program Jangka Pendek)

SASARAN PROGRAM 4 TAHUN

( 2007 / 2011 )
(Program Jangka Menengah)

SASARAN PROGRAM 8 TAHUN

( 2007 / 2015 )
(Program Jangka Panjang)

1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 95%.

1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 97%.

1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 99 %.

2. Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 5,26.

2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 5,6.

2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 6,01.

3. 10 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.

3. 20 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.

3. 50 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.

4. 75% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

4. 100% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

5. 20% ruang belajar memiliki WC, AC, Elektrisiti

5. 60% ruang belajar memiliki WC, AC, Elektrisiti

5. seluruh ruang kelas memiliki WC, AC, Elektrisiti

6. Tiap warga sekolah memahami Wawasan wiyata mandala

6. Juara 1 lomba sekolah sehat tingkat Propinsi

6. Juara Nasional LSS

7. Memiliki ekstra kurikuler unggulan (KIR & Olah Raga, Seni )

7. Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat provinsi

7. Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi tinggkat nasional

8. 10 % warga sekolah dapat berbahasa Inggris aktif.

8. 25 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.

8. 50 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris aktif.

9. 30 % warga sekolah dapat mengoperasikan mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel

9. 60 % peserta didik dapat mengoperasikan program komputer (Microsoft Word , Excel, Power point dan Internet).

9. 100 % peserta didik dapat mengoperasikan program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet).

10. 10 % Peserta didik mampu mengembangkan tanaman kakao, karet, dan kelapa sawit

10. 30 % Peserta didik mampu mengembangkan tanaman kakao, karet, dan kelapa sawit, atau ikan air tawar

10. 40 % Peserta didik mampu mengembangkan tanaman kakao, karet, dan kelapa sawit, atau ikan air tawar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s