KEGIATAN KEAGAMAAN SELAMA RAMADHAN DI SMA N I PANTI

by Wetrinawati

Kegiatan Ramadhan kali ini di SMA N I Panti berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun dahulu SMA N I Panti hanya mengangkat acara pesantren kilat untuk semua kelas tapi tahun ini disamping pesantren juga diadakan bermacam lomba keagamaan.

Khusus acara pesantren kilat diadakan oleh forum AN-NISSA SMA N I Panti dengan guru pembina Wetrinawati, S.Pd yang anggotanya pelajar-pelajar putri dari utusan-utusan kelas. Adapun jumlah pesertanya lebih kurang 100 orang. Acara dimulai dari jam 08.00- 16.00. Acara langsung di buka oleh kepala sekolah/yang mewakili. Peserta tampak antusias sekali mengikuti rangkain acara demi acara karena mereka tidak hanya disuguhi dengan materi-materi keagamaan saja tapi juga ada game islami, menonton film – film yang menambah semangat, nasyid bersama dan diskusi. Apalagi pemateri yang terdiri : Lastra, M. Pd, Reki Antoni, S.Sos, dan Erwan, S.Hi. sangat piawai menyampaikan materi sehingga peserta seolah-olah terbius dan merasakan sekali apa yang disampaikan oleh pemateri.

Tanpa terasa waktu terus berlalu sampailah di pengujung acara, rasanya tidak cukup mempelajari agama 1 hari tapi acara ini cukup membawa pencerahan bagi siswa dan membuat siswa lebih termotifasi untuk mendalami agama dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pada minggu terakhir di SMA N 1 Panti adalah perlombaan berbagai macam bidang keagamaan antara lain lomba LCT ( Lomba Cepat Tepat ), MSQ ( Musabaqah Syahril Qur’an ), MTQ, dan lomba sholat jenazah. Peserta terdiri utusan semua lokal yaitu kelas X, XI, dan XII. Semua siswa sangat antusias sekali mengikuti lomba tersebut karena menyangkut eksistensi lokal masing-masing.

Setiap kelas dilatih selama 2 hari oleh wali kelas dan dibantu oleh guru pendamping yang langsung ditunjuk oleh waka kesiswaan. Selama latihan para utusan kelas sangat serius sekali seolah-olah dari wajahnya, mereka ingin memberikan yang terbaik bagi lokalnya masing-masing.

Acara perlombaan langsung ditanggungjawabi oleh waka kesiswaan SMA N1 Panti. Dewan juri terdiri dari guru-guru SMA N I Panti yang ahli dibidangnya masing-masing. Perlombaan berlangsung selama 4 hari dan cukup memberi kepuasan bagi siswa karena pada saat lomba tampak sekali kemampuan siswa baik dalam pengetahuan keagamaan, umum, Ceramah baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris, tilawah Al-Qur’an, dan pelaksanaan sholat jenazah secara berjema’ah.

Setelah dewan juri mengadakan musyawarah yang cukup alot maka diputuskanlah pemenang-pemenang setiap lomba. Yang mana dari hasil penilaian dewan juri nampak sekali bahwa yang mendominasi kemenangan adalah kelas IPA ini juga terlihat dari juara umum perlombaan kali ini diraih oleh kelas XII IA1 dengan wali kelas Artinis, S.Pd. Bapak sekolah SMA N 1 Panti yaitu Drs. Noviar, MM mengatakan bahwa perlombaan ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahunnya.

2 thoughts on “KEGIATAN KEAGAMAAN SELAMA RAMADHAN DI SMA N I PANTI”

  1. this event is very brilliant .
    we’ll never forget it.nevertheless,this event just occure one time.but how ever i have been satisfied.
    i have some suggestions
    1st : we should try ”kultum” every friday .because can make our heart will be calm.
    2sd : if the girls has forum annisa .what is for the boy?
    wassalam

    khairu alman

    khairualman@yahoo.com

  2. Bagus……
    Bagus……
    Bagus……
    Bagus……
    Bagus……
    Bagus……
    Bagus……
    Bagus……
    Bagus……
    Bagus……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s