PERHITUNGAN JUMLAH KEBUTUHAN GURU BERDASARKAN PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NOMOR 26 TAHUN 2011

Perhitungan jumlah kebutuhan jumlah PNS berdasarkan Permenpan-RB nomor 26 tahun 2011 dapat kita lakukan sendiri dengan mengunduh formatnya di situs Kementrian PAN-RB. Format ini dalam bentuk file Excel.

Setelah kita coba untuk mensimulasikan pengisiannya, penulis menemukan beberapa kekurangnnya. Kekurangnan dimaksud adalah pada sheet perhitungan jumlah kebutuhan guru.

Menurut hemat panulis, form itu dibuat tanpa memperhitungkan adanya penjurusan di SLTA. Sebagai contoh, untuk penghitungan kebutuhan guru mata pelajaran matematika di SMA. Format ini hanya menyediakan kolom perkalian jumlah rombongan belajar kelas I, kelas II, dan kelas III. Rombel ini dikalikan dengan jam tatap muka mata pelajaran per minggu. Padahal jam tatap muka matematika untuk kelas II IPA (XI IA) berbeda dengan kelas II IPS (XI IS) meskipun sama-sama kelas II.

Jika tidak form ini tidak disesuaikan maka akan menimbulkan kekeliruan perhitungan jumlah kebutuhan guru. Harapan kita mudah-mudahan  telah menjadi perhatian juga bagi pihak-pihak yang berkaitan dengan persoalan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s