Opera Pajapaja

CALON KEPALA BIDANG

Alkisah di negeri Antah Berantah baru saja selesai menggelar pesta demokrasi. Pesta demokrasi pemilihan demang.

Setelah melalui dua putaran pemilihan yang ketat akhirnya terpilihlah pasangan Màrudut dan Mukidi sebagai Demang dan Wakil Demang. Tim sukses gembira. Rakyatpun berpesta. Terlebih lagi pasangan M&M, mereka lega setelah berjuang.

Diceritakan, Tuan Demang dan Wadem akan menyusun kabinet kerja sesuai dengan OPD atau Organisasi Perangkat Demang yang telah mendapat persetujuan dari Sekratris Kerajaan. 

Setelah diumumkan ternyata banyak sekali rakyat di Kademangan ini yang mendaftar untuk mengisi jabatan yang tersedia. Motivasinya nyaris seragam. Tetapi hal ini akan diceritan kemudian pada episode yang lain.

Mari kita saksikan di tekape.

Dari sekian banyak calon tersebutlah salah seorang yang sangat antusias ingin menjadi Kepala Bidang atau Labid. Posisi yang diincarnya adalah Bidang Kebudayaan di salahbsatu Dinas.

Calon kita ini bernama Buyung Kapsul SE. Beliau adalah putra seorang pedagang obat keliling yang amat terkenal di Kademangan Antah Berantah. 

Pak BK, demikian beliau sering dipanggil, sibuk melakukan lobi ke sana ke mari. Mulai dari tim sukses, Kepala Biro Personalia, bahkan melalui istri pak Demang. 

O ya, sebenarnya pak BK punya SKCK, Surat Keterangan Catatan Kepunggawaan. Dalam SKCK ini tertera beberapa catatan tentang tindakan kriminal yang pernah dilakukan. Andaikata tidak melakukan perbuatan asusila, mestinya SKCK pak BK lumayan bersih. Tetapi sayang pak BK ketika muda pernah melakukan perbuatan tidak terpuji. Beliau terlanjur menghamili tetangganya. 

Kembali ke Tekape.

Seorang teman pak BK akhirnya memberikan  saran agar beliau mengganti pilihan. Menurut hemat teman ini pak BK tidak cocok di bidang kebudayaan. 

Jangan ke mana-mana, tetap di Opera Pajapaja… 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s